Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Saat subur wanita sesudah menstruasi yaitu saat atau fase yang cukup utama untuk beberapa wanita pribadi maupun untuk beberapa pasangan suami istri. Pasalnya untuk sepasang suami istri saat subur ini yaitu saat atau fase yang paling pas untuk lakukan jalinan suami istri bila menginginkan mempunyai keturunan. Hal semacam ini karena wanita tengah ada pada puncak kesuburannya hingga prosentase kehamilan begitu tinggi. Terlebih bila ditambah sperma dari pria tengah ada pada keadaan yang sempurna, hingga akhirnya semakin lebih optimal. Sayangnya ada banyak pasangan yang belum mengerti atau bahkan juga belum tahu kapan saat subur ini akan tiba. Karenanya kami bakal coba membagikan info mengenai bagaimana caranya mengkalkulasi serta memastikan saat subur atau ovulasi, selamat membaca.

kalender-masa-subur

Mengkalkulasi Saat Subur Wanita Sesudah Menstruasi dengan Langkah Matematis
Biasanya terdapat beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan untuk mengkalkulasi serta memastikan kapan Anda (wanita) alami saat subur. Langkah yang paling gampang mungkin saja yaitu dengan memakai kalkulator saat subur. Serta sekarang ini Anda tentu dapat memperolehnya dengan gampang baik dengan cara on-line maupun berbentuk aplikasi pada gadget Anda. Tetapi pada intinya penghitungan saat subur dengan cara manual juga tidaklah terlalu susah, lantaran rumusnya juga cukup simpel.

Saat subur wanita sesudah menstruasi dibagi jadi dua type, yakni puncak saat subur serta saat subur umum. Dimana puncak saat subur umumnya bakal berlangsung pada 13 hari sesudah seseorang wanita alami haid hari pertama. Sedang saat subur umum bakal berlangsung lebih kurang tiga hari sesudah atau sebelumnya menuju puncak saat subur itu. Ok. Agar lebih gampang kami bakal berikanlah contoh kalau haid hari pertama yaitu tanggal 10.

Dengan hal tersebut di ketahui kalau puncak saat subur diprediksikan bakal berlangsung pada tanggal 23 bln. itu. Sedang saat subur umum bakal berlangsung pada tanggal 20, 21, 22 serta tanggal 24, 25, 26. Serta kesimpulannya pada bln. itu saat subur wanita berlangsung mulai tanggal 20 hingga tanggal 26. Walau demikian rumus memastikan saat subur wanita sesudah menstruasi itu cuma berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid teratur. Lantas untuk wanita yg tidak mempunyai siklus haid teratur, bagaimana caranya menghitungnya?

Mengkalkulasi Saat Subur Wanita Sesudah Haid yang Siklusnya Tak Teratur
Nah, untuk beberapa wanita yang siklus haidnya tak teratur, Anda mesti lakukan penghitungan yang agak sedikit rumit. Pasalnya Anda mesti mencatat serta mengingat siklus haid Anda sedikitnya sepanjang 6 bln. paling akhir. Bila telah, tetapkan kapan siklus terpendek Anda serta siklus terpanjang Anda. Lalu untuk siklus terpanjangnya kurangi dengan 11, serta akhirnya yaitu hari subur paling akhir pada siklus haid paling akhir Anda. Sedang siklus terpendek dikurangi 18 serta Anda bakal memperoleh hari pertama saat subur Anda pada bln. itu.

Ok. Agar Anda lebih memahami kami bakal berikanlah contoh kenyataannya. Umpamanya siklus haid terpanjang Anda yaitu 31 hari serta siklus terpendeknya yaitu 26 hari. Oleh karena itu 31 – 11 = 20 serta 26 – 18 = 8. Dengan hal tersebut dapat ditetapkan kalau saat subur Anda pada bln. itu dapat berlangsung dari mulai hari ke-8 hingga hari ke-20.