Inilah Kenapa Kita Butuh Cuci Darah di Klinik RenaMedika

 

Klinik Hemodialisis Rena Medika
Klinik Hemodialisis Rena Medika

Tubuh manusia secara alami sebenarnya dapat melakukan aktivitas cuci darah otomatis. Akan tetapi, beberapa kondisi tertentu mengharuskan seseorang melakukan proses cuci darah menggunakan bantuan alat medis. Cuci darah, yang dalam istilah medisnya disebut hemodialisis, akan diperlukan ketika organ ginjal tak lagi berfungsi secara baik. Saat ini, cuci darah lebih diidentikkan dengan sebuah proses medis yang dilakukan demi menghilangkan kelebihan kotoran serta air dalam darah. Cuci darah dapat dilakukan di rumah sakit ataupun klinik khusus seperti klinik Rena Medika. Hemodialisis akan sangat dibutuhkan saat ginjal tak lagi dapat melakukan fungsinya dalam menyaring darah dalam tubuh manusia. Terutama adalah bagi penderita gagal ginjal ataupun penyakit ginjal kronis lainnya.

Penderita gagal ginjal akan memiliki organ ginjal yang tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Saat ginjal gagal dalam melakukan pembersihan, maka akan terjadi penumpukan racun, limbah serta cairan dalam darah. Kondisi ini akan dapat membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fungsi ginjal yang menghilang sebanyak 85 hingga 90 persen akan mewajibkan seseorang melakukan cuci darah di klinik Rena Medika supaya dapat terhindar dari berbagai komplikasi fatal. Dalam prosesnya, dibutuhkan penilaian dokter serta serangkaian tes medis guna menentukan perlu atau tidaknya seseorang mengambil tindakan hemodialisis. Beberapa hal yang jadi tolak ukur ialah kadar kreatinin serta ureum dalam darah, kemampuan tubuh mengatasi kelebihan air hingga kecepatan ginjal dalam menyaring darah.

Hal lain yang turut jadi pertimbangan sebelum dilakukannya cuci darah ialah keluhan tertentu dari pasien yang dapat mengarah pula pada gangguan jantung, pernapasan, kebas di kaki hingga perut. Memang banyak hal yang harus diperhatikan sebelum cuci darah dilakukan, terutama karena prosedur ini memakan biaya yang tak sedikit. Prosesnya sendiri harus dilakukan di bawah pengawasan dokter dan perawat yang terlatih. Pemilihan klinik tempat dilakukannya cuci darah juga harus tepat, misalnya di klinik RenaMedika yang sudah berpengalaman serta terpercaya. Kelengkapan fasilitas serta tim dokter yang profesional menjadikan RenaMedika sebagai pilihan tepat untuk melakukan prosedur cuci darah.

baca juga : Tips Merawat Kulit Bayi