Tinggal di Jakarta Baiknya, Sewa, Beli, atau Kredit Apartemen?

tinggal di apartemen
mendapatkan hunian apartemen

Apartemen merupakan suatu hunian yang populer di kota Jakarta. Dalam usaha untuk mendapatkan apartemen tersebut kita akan dihadapkan pada pilihan yaitu sewa, beli atau malah menkredit pembelian apartemen dengan KPR. Pertanyaan antara sewa atau beli sering muncul dalam benak kita ketika dihadapkan pada sebuah pilihan untuk mendapatkan tempat tinggal. Tentunya keputusan yang anda pilih mempunyai resiko dan keuntungan tersendiri. Namun bagaimanakah baiknya dalam menentukan pilihan tersebut? berikut kami ulas mengenai resiko serta keuntungan jika anda membeli secara langsung, menkredit atau mendapatkan sewa apartemen, supaya anda bisa menentukan pilihan yang paling pas bagi anda.

Keuntungan dan resiko dalam membeli, sewa dan kredit apartemen di Jakarta :

Membeli Apartemen Secara Kontan

beli apartemen jakarta
Nabung untuk beli apartemen

Mendapatkan apartemen dengan membeli secara kontan tentunya merupakan kepuasan tersendiri bagi kita. Pasalnya kita tidak akan dibebani lagi oleh hutang. Cara dengan membeli apartemen secara kontan merupakan cara yang paling pas untuk bisa terbebas dari biaya bunga bank yang biasa terjadi ketika menkredit apartemen. Selain itu keuangan anda bisa lancar untuk waktu yang akan datang karena tidak akan dibebani oleh biaya kredit apartemen. Membeli dengan cara seperti ini sangat pas bagi anda yang sedang mempunyai uang cash yang cukup tinggi. Kelebihan dari cara beli seperti ini anda akan mendapatkan penghasilan penuh dari nilai investasi apartemen anda atau jika anda berniat membeli apartemen untuk ditinggali maka anda tidak repot lagi dalam mencicil apartemen anda, sehingga anda bisa mengalihkan biaya pengeluaran bulanan/tahunan pada keperluan lainnya. Kekurangan dari membeli dengan cara seperti ini, jika anda salah dalam memilih apartemen maka dapat dipastikan anda akan merugi keuangan yang cukup besar.

Sewa Apartemen Secara Periodik

sewa apartemen
apartemen disewakan

Pilihan lain yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan hunian tipe apartemen adalah dengan cara sewa apartemen. Kebanyakan orang lebih memilih untuk sewa apartemen karena memang dirasa sangat praktis sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya orang yang memilih menyewa apartemen adalah orang yang suka bepergian dan berganti tempat tinggal karena faktor pekerjaan atau alasan lainnya. Kita tidak mungkin kan setiap pergi ke suatu tempat harus membeli tempat tinggal? maka menyewa apartemen adalah pilihan tepat. Seperti halnya yang terjadi di Jakarta Barat. Para kaum wisatawan memilih untuk bertempat tinggal di dekat bandara untuk sementara waktu, maupun para pekerja bandara baik itu pilot ataupun pramugari yang memilih menyewa apartemen didekat lokasi kerjanya karena tidak setiap hari mereka berada di daerah bandara tersebut. Tempat sewa apartemen jakarta barat khususnya khususnya dekat dengan bandara cocok bagi anda yang suka bepergian baik seorang traveling maupun pekerja yang suka bepergian. Kekurangan dari sewa apartemen secara periodik tentunya selama apapun anda tinggal, anda tidak akan pernah memiliki hunian tersebut.

Membeli Apartemen Dengan Kredit

kredit apartemen
kontrak kredit/cicilan apartemen

Cara yang satu ini sangat pas bagi anda yang bisa mengatur keuangan secara rapi. Jika dilakukan dengan benar anda akan memiliki sebuah hunian dengan cepat dengan modal yang terbatas. Namun anda akan dibebani hutang secara periodik yaitu berupa KPA (kredit kepemilikan apartemen) dari Bank. Cara seperti ini lebih baik anda lakukan jika memang pendapatan penghasilan anda lancar supaya tidak mempengaruhi bayaran cicilan apartemen anda. Atau juga anda bisa menyewakan apartemen yang telah anda cicil atau kredit tersebut dan mendapatkan selisih hasil maka tanpa disadari penyewa apartemen anda akan membantu melunasi cicilan apartemen. Tentunya cara seperti itu hanya bisa anda lakukan jika memang mempunyai hunian lain yang bisa anda tinggali. Kekurangan dari cara pembelian dengan mencicil yaitu anda harus menyisihkan pendapatan anda untuk membayar utang dalam tenggang waktu tertentu jika tidak terlunasi atau malah tidak terbayar hak kepemilikan bisa saja dicabut.

Nah itu saja mungkin berbagai pilihan dalam menentukan tinggal di apartemen. Berbagai cara seperti membeli kontan, kredit atau dengan cara sewa memiliki plus minusnya masing” yang bisa anda terapkan sesuai dengan kebutuhan ataupun kemampuan anda.